Penyebab Asam Urat dan Langkah-Langkah Mengobatinya

Penyakit asam urat ialah bentuk arthritis (peradangan pada sendi) yang diketahui penduduk dengan arti encok. Keadaan ini begitu menyakitkan karena kebanyakan kandungan purin didalam badan. Purin ialah protein yang ada di produksi didalam badan dan terdapat pada banyak makanan. Makin banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan purin, makin besar juga badan menghasilkan asam urat atau uric acid.

Penyebab Asam Urat dan Langkah-Langkah Mengobatinya

Nah, kandungan purin yang tinggi ini akan mengalir didalam darah serta pada akhirnya merubah asam urat jadi kristal. Makin lama, kristal akan menumpuk di seputar sendi serta jaringan lunak badan yang lain. Mengakibatkan, sendi serta otot akan berasa linu dan ngilu. Seperti berikut proses terjadinya asam urat pada badan Anda.

Akan tetapi, janganlah cemas, keadaan ini dapat hilang pada sebuah atau dua hari. Purin yang berlebihan akan dibikin bersih dari darah oleh ginjal serta dibuang dari pada tubuh dengan urine. Akan tetapi, kandungan asam urat dapat juga selalu menumpuk didalam badan, waktu ginjal sangat dikit buang asam atau jika selalu badan memproduksinya dalam jumlahnya banyak.

Penyakit ini umum berlangsung, terpenting pada seorang dewasa yang berumur seputar 40 sampai 50 tahun. Akan tetapi, orang berumur seputar 20 tahun atau lebih dilaporkan dapat juga mempunyai keadaan ini.

Beberapa tahapan penyakit asam urat
4 obat asam urat alami yang ampuh Piroxicam

Ada empat tingkatan penyakit asam urat yang butuh Anda kenali, yakni:

Hiperurisemia asimptomatik. Keadaan ini mengisyaratkan kebanyakan kandungan asam urat didalam darah. Walau demikian, keadaan ini tidak memunculkan tanda-tanda asam urat apapun.
Penyakit asam urat kronis. Keadaan ini mengisyaratkan hiperurisemia asimptomatik yang tidak diakukan hingga akan membuat kristal yang menumpuk pada sendi. Anda mungkin akan rasakan tanda-tanda ngilu saat 3 sampai 10 hari.
Penyakit asam urat jeda. Keadaan ini dimaksud dengan juga asam urat interkis, yang perasaan sakitnya akan berlangsung dengan tidak diduga. Anda akan terasa sehat, tetapi kelak tidak diduga muncul sakitnya.
Chronic tophaceous gout. Keadaan ini berlangsung karena penyakit asam urat yang tidak diobati, kira-kira perlu waktu 10 tahun untuk berkembang. Pada step ini, tidak cuma perasaan sakit, nodula akan tercipta, Nodula ialah pembengkakan dibarengi kemerahan pada kulit serta jaringan lunak yang lain yang dapat mengakibatkan rusaknya permanen pada sendi.
Sinyal serta tanda-tanda asam urat yang umum terjadi
tanda-tanda asam urat, tanda-tanda cholesterol, asam urat tinggi, obat asam urat, tanda-tanda rematik

Sama dengan penyakit yang lain, tidak kebanyakan orang akan rasakan tanda-tanda asam urat yang sama. Akan tetapi, tanda-tanda asam urat yang biasanya seringkali berlangsung, mencakup:

Ngilu sendi mendadak
Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
Kesusahan untuk lakukan pekerjaan karena pergerakan terbatas
Ruang yang ngilu serta membengkak akan berasa panas
Kemerahan pada kulit di seputar sendi
Muncul nodul (pembengkakan kronis yang memerah di kulit)
Umumnya tanda-tanda asam urat cuma merubah satu sendi, contohnya asam urat pada kaki. Perasaan sakit yang makin kronis mengisyaratkan jika peradangan pada sendi juga makin lebih buruk.

Ruang yang seringkali alami perasaan sendi ialah jempol kaki serta diketahui dengan arti podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki). Beberapa orang yang rasakan asam urat pada kaki atau tangan, akan tetapi keadaan ini sebetulnya dapat berlangsung hampir di semua sendi yang ada di badan.

Beberapa pemicu asam urat yang butuh Anda ketahui
makan daging resiko diabetes

1. Makanan serta minuman
Pemicu asam urat yang sangat umum datang dari makanan atau minuman. Karena banyak makanan atau minuman yang memiliki kandungan purin tinggi hingga produksi uric acid akan menjadi semakin banyak untuk menyimbangkan ke-2 zat itu. Tersebut beberapa makanan yang bisa saja pemicu asam urat:

Alkohol
Orang yang seringkali minum alkohol mempunyai resiko terserang asam urat tambah tinggi. Itu penyebabnya, dokter akan melarang Anda minum alkohol jika Anda mempunyai keadaan ini. Alkohol bukan sekedar menyebabkan produksi asam urat semakin banyak, tetapi juga membuat ginjal mesti bekerja sangat keras untuk buang asam itu.

Minuman bersoda
Minuman bersoda benar-benar sangat beri kesegaran. Akan tetapi, janganlah salah, kebanyakan minuman ini bisa saja pemicu asam urat. Minuman bersoda condong memiliki kandungan gula penambahan yang dapat menyebabkan produksi asam urat semakin banyak. Bila selalu berlangsung, asam urat dapat menumpuk, mengkristal, serta mengakibatkan peradangan pada sendi.

Sayuran hijau tertentu
Makan sayur itu sehat. Sayangnya, buat orang dengan asam urat, beberapa sayuran bisa saja pemicu asam urat kambuh. Karena itu, mereka butuh hindari beberapa sayuran spesifik.

Sayuran seperti kembang kol, bayam, serta jamur mempunyai kandungan purin yang tambah tinggi di banding sayuran yang lain. Meskipun risikonya tidak sepadan dengan daging merah, Anda harus tetap memerhatikan berapa banyak Anda konsumsi sayuran ini.

Daging hewan serta makanan laut
Di banding sayuran, protein yang sangat komplet ada pada daging. Baik itu daging putih, seperti daging ayam atau ikan, ataupun daging merah, seperti daging sapi. Namun, faktanya kebanyakan konsumsi daging bisa mengakibatkan beberapa penyakit, diantaranya pemicu asam urat.

Cukuplah mengkonsumsi optimal 6 ons daging /hari, dengan batas 3 ons per bagian makanan. Diluar itu, makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, serta lobster juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Bila dikonsumsi asal-asalan, resiko penyakit asam urat menjadi semakin besar.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu
Konsumsi obat diuretik periode panjang sudah dihubungkan dengan resiko terserang penyakit asam urat yang makin tinggi. Mengapa? Obat type ini dapat membuat Anda seringkali buang air.

Keadaan itu dapat kurangi jumlahnya cairan yang ada didalam badan. Akan tetapi, cairan yang tersisa kemungkinan akan mengendap, mengkristal, serta pada akhirnya mengakibatkan penyakit asam urat di masa datang.

3. Mempunyai keadaan medis tertentu
Dengan alami, ginjal memang akan menyamakan kandungan purin yang ada didalam badan. Akan tetapi, proses itu dapat berjalan lamban pada seorang dengan beberapa keadaan medis, misalnya:

Obesitas (keunggulan berat tubuh)
Hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif)
Psoriasis
Insufisiensi ginjal (ketakmampuan ginjal untuk menyaring zat bekas)
Siapapun yang beresiko terkena penyakit asam urat?
perut buncit lebih berbahaya

Penyakit asam urat dapat berlangsung pada siapapun. Akan tetapi, resiko terserang penyakit ini tambah lebih besar pada beberapa orang dengan keadaan sebagai berikut:

Telah berumur 40 sampai 50 tahun
Lelaki condong lebih mungkin terserang penyakit ini di banding wanita
Wanita pascamenopause mempunyai resiko lebih tinggi
Mempunyai bagian keluarga yang mempunyai kisah penyakit ini
Mempunyai pola hidup yang tidak sehat; keunggulan berat tubuh, seringkali minum alkohol, atau senang makanan berlemak
Memakai obat-obatan tertentu
Mempunyai permasalahan kesehatan yang meneyebabkan kandungan purin condong tinggi
Sempat alami cedera atau operasi pada sendi