Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh mempunyai arti medis miopia. Keadaan ini mengakibatkan Anda kesusahan lihat benda jarak jauh.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Cahaya yang direfleksikan dari satu objek masuk ke mata lewat kornea, lalu difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata serta kornea membiaskan sinar yang masuk hingga bayangan objek difokuskan pas di retina. Sedang pada mata minus, sinar yang masuk tidak konsentrasi di retina, akan tetapi jauh di depannya. Hal seperti ini bisa dikarenakan oleh karena kornea sangat cembung atau panjang bola mata yang sangat besar. Hingga bila Anda mempunyai mata minus, saat lihat objek dari jarak jauh, objek akan tampak tidak konsentrasi.

Besarnya keparahan mata minus diikuti dengan ukuran dioptri (D). Berdasar pada tingkat keparahannya, mata minus terdiri tiga, yakni miopia rendah (minus 0.5D sampai minus 3D), tengah (minus 3D sampai 6D), serta berat (diatas 6D).

Tanda-tanda Mata Minus
Lihat gejala-gejala mata minus berikut ini. Bila Anda alami gejala-gejala ini, mungkin Anda butuh memeriksakan mata ke dokter.

Kesusahan waktu lihat suatu dari jarak jauh akan tetapi jelas waktu lihat jarak dekat
Memicingkan mata waktu lihat sesuatu
Kesusahan lihat waktu mengendarai kendaraan
Butuh duduk dekat dengan papan catat (miopia pada anak) untuk lihat jelas
Saat melihat tv mesti dekat supaya bisa tampak jelas
Mata berasa tegang
Mata berasa lelah
Sakit kepala
Seringkali mengucek-ucek mata
Mata seringkali berkedip
Kapan Mesti Mulai Memeriksakan Mata?
Makin menambahnya umur, ketajaman mata Anda akan makin menyusut. Bila Anda alami gejala-gejala diatas, atau mempunyai peluang alami rusaknya mata, semestinya periksakan mata Anda.

Jika tidak ada aduan pandangan, orang dewasa masih disarankan untuk kontrol teratur mata mulai umur 40 tahun. Di umur 40 sampai 54 tahun, kontrol mata dapat dikerjakan setiap dua sampai empat tahun. Pada umur 55 – 64 tahun, setiap satu sampai tiga tahun. Serta pada umur 65 tahun ke atas, kontrol dapat dikerjakan tiap-tiap satu atau dua tahun.

Pada anak-anak, sebaiknya mulai melakukan kontrol mata sebelum sekolah. Saat mulai masuk waktu sekolah, kerjakan teratur setiap satu atau dua tahun.

Therapy Mata Minus
Bila nyatanya mata Anda telah telanjur alami masalah mata minus, karena itu Anda dapat lakukan beberapa therapy seperti memakai kacamata atau lensa kontak. Kacamata ialah salah satunya langkah paling mudah serta teraman untuk mengoreksi mata minus. Akan tetapi, pada kacamata untuk minus yang berat, pandangan di bagian pinggir dapat berlangsung distorsi pandangan. Lensa kontak tidak mempunyai kekurangan itu, akan tetapi pemeliharaanya relatif lebih susah dibanding kacamata.

Buat Anda yang inginkan koreksi mata dengan permanen, Anda bisa pilih jalan operasi. Beberapa pilihan operasi yang dapat Anda kerjakan seperti operasi LASIK, operasi LASEK, serta photorefractive keratectomy (PRK). Diluar itu, buat pasien mata minus tengah sampai berat, implan lensa intraokuler (IOL) bisa jadi pilihan.

Semestinya operasi, therapy mata minus lewat operasi juga mempunyai resikonya atau komplikasi yang mungkin berlangsung. Diantaranya, mata jadi kering, infeksi, serta muncul jaringan parut pada kornea.

Komplikasi Mata Minus
Rusaknya pada mata bisa mengganggu kegiatan keseharian serta membuat kualitas hidup menyusut. Bila Anda memaksakan berkendara dalam keadaan mata minus tiada memakai kacamata, pasti akan membahayakan keselamatan Anda.

Memaksakan lihat dengan keadaan mata minus dapat juga membuat mata Anda jadi tegang karena dipaksakan untuk lihat atau fokus objek. Keadaan ini dapat juga memunculkan sakit kepala.

Mata minus yang berat akan tingkatkan resiko penyakit mata yang serius, diantaranya terlepasnya retina (ablasio retina). Glaukoma serta katarak dapat juga berlangsung.

Langkah Mengawasi Kesehatan Mata
Mata minus tidak bisa dihindari, akan tetapi bisa diperlambat perubahannya. Jaga kesehatan mata Anda dengan lakukan beberapa hal tersebut:

Konsumsi makanan yang sehat. Telah jadi rahasia umum jika konsumsi makanan yang sehat bisa mengawasi organ badan jadi sehat, termasuk juga mata. Awalilah memperbanyak mengkonsumsi buah serta sayuran. Tidak hanya wortel, nyatanya kuning telur serta susu juga memiliki kandungan banyak vitamin A yang bermanfaat buat kesehatan mata. Ikan yang kaya omega 3, seperti tuna, salmon, serta makarel, juga baik untuk kesehatan mat
Jauhi rokok.

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan serta dapat juga merubah kesehatan mata.
Pakai kacamata hitam dengan UV protector. Janganlah remehkan cahaya matahari, karena tidak hanya dapat membuat kulit jadi lebih gelap, matahari dapat juga mengganggu kesehatan mata. Gunakanlah kacamata hitam yang mempunyai perlindungan cahaya UV untuk mengawasi kesehatan mata.
Istirahatkan mata dengan berkala.

Waktu Anda tengah bekerja dengan computer atau waktu membaca dalam periode waktu yang lama, beristirahatlah dengan berkala lewat cara lihat ke terlalu jauh.
Indera pandangan termasuk juga salah satunya sisi yang terpenting untuk melakukan kegiatan keseharian. Kerjakan juga kontrol teratur untuk tahu keadaan mata serta selekasnya koreksi kelainan mata Anda.