Langkah yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Pulih Pasca Caesar

Perasaan sakit yang menimpa saat caesar mungkin menjadikanmu berfikir tidak dapat lagi untuk berjalan. Akan tetapi, kuatkan fisikmu serta semangatlah untuk berusaha menggerakkan kaki serta jalan-jalan mudah. Saat ditempat tidur, coba kadang-kadang menggerakkan pergelangan kakimu. Bidan atau perawat umumnya akan menolong pasien untuk bangun dari tempat tidur serta jalan-jalan mudah di seputar ruang selekasnya mungkin sesudah bayi lahir dalam kurun waktu 24 jam.

Langkah yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Pulih Pasca Caesar

Semakin cepat kamu bangun serta berjalan, karena itu semakin baik juga untuk kelancaran aliran darah. Jika kamu tidak berjalan untuk membuat lancar peredaran darah, peluang terbentuknya bekuan darah akan bertambah serta bekuan darah itu dapat terhalang di kaki atau paru-paru, hingga dapat jadi keadaan serius. Coba jalan-jalan sekalian menggendong bayimu. Tidak hanya untuk menahan sembelit serta menolong tubuhmu sembuh, pekerjaan ini sekaligus juga awal yang bagus dalam mengenalkan bayimu pada kondisi di seputar dianya. Tidak hanya dari itu, jauhi berolahraga berat atau mengusung beban dahulu, ya

Mengurus Emosi dengan Baik

Ialah perihal yang lumrah jika kamu alami perasaan yang tidak kamu sangka awal mulanya. Perasaanmu bergantung pada harapanmu sebelum melahirkan serta proses persalinan tersebut. Kamu mungkin suka serta bersukur jika kamu serta bayimu baik-baik saja, dan persalinanmu sama dengan gagasan. Kamu mungkin sudah sempat terasa demikian sebaliknya jika sebetulnya kamu ingin melahirkan normal, tapi yang berlangsung ialah mesti melakukan caesar. Perasaan itu mungkin terkait dengan kekhawatiran pada komplikasi medis, perasaan ngilu, stres, kecapekan karena operasi besar, serta status psikologis ibu.

Satu studi mengutarakan jika wanita yang melahirkan dengan caesar terasa kurang senang dengan pengalaman melahirkan mereka. Diluar itu, mereka juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengawali hubungan pertama dengan bayi. Bahkan juga ibu yang melahirkan dengan caesar condong tidak menyusui bayinya jika dibanding dengan ibu yang melahirkan normal. ­­­Studi lainnya mengatakan jika beberapa wanita yang melahirkan dengan caesar alami perasaan kuat akan kemarahan, kegagalan, serta kerugian.

Usahakanlah untuk mengurus emosimu dengan baik, contohnya dengan beberapa cara tersebut.

Janganlah sungkan untuk mengungkapkan apakah yang dapat membuat kamu suka serta nyaman pada pasanganmu serta orang terdekatmu. Ini karena keadaan psikologismu sesudah operasi caesar dapat jadi lebih baik jika kamu mendapatkan perhatian pada kebutuhanmu dengan spesifik dari beberapa orang terdekatmu.
Jika kamu terasa susah, sedih, atau kecapekan, janganlah acuhkan perasaan itu. Kamu disarankan untuk membahas emosi yang dirasa dengan pasangan, rekan, dokter, atau psikolog.
Selekasnya mohon pertolongan psikolog jika kamu alami depresi saat melahirkan yang diikuti oleh munculnya perasaan negatif yang tidak kunjung pergi. Kamu dapat rasakan rasa sedih, putus harapan, ingin selalu menangis, atau mempunyai pikiran yang mengganggu. Pada masalah yang kronis, seseorang ibu dapat berfikir untuk menyakiti bayinya.
Menjaga Luka Sisa Sayatan Pembedahan

Sesudah operasi, ruang di seputar lukamu akan ditumbuhi kulit baru. Akan tetapi, kulit baru ini gampang tergesek hingga kamu disarankan untuk hindari paparan cahaya matahari mengenainya saat tiga bulan sesudah operasi. Diluar itu, kamu dapat juga mengaplikasikan langkah menjaga luka pascaoperasi caesar dengan selangkah sebagai berikut.

Jauhi berhubungan seks saat 4-6 minggu atau sesuai dengan panduan dokter.
Ganti perban setiap hari.
Yakinkan tanganmu serta tangan orang yang merawatmu tetap bersih.
Jika perawat tempelkan plester pada lukamu, biarlah sampai plester itu lepas dengan sendirinya atau sekurang-kurangnya nantikan sampai satu minggu. Akan tetapi jika belum lepas sesudah satu minggu, kamu bisa melepasnya perlahan.
Bersihkan luka setiap hari memakai air hangat yang dicampurkan sabun. Tidak jadi masalah untuk mandi seperti umumnya. Yang penting ialah mencuci lukamu supaya tidak tersisa sabun. Untuk mengeringkan, tepuk-tepuk lukamu memakai handuk bersih yang lembut.
Jauhi produk pembersih dengan kandungan yang bisa perlambat proses pengobatan, seperti senyawa hidrogen peroksida. Kamu bisa mengecek label paket.
Tahan luka sayatanmu dengan bantal saat kamu batuk, menangis, atau hirup napas dalam-dalam untuk hindari desakan pada permukaan kulit yang terluka.
Gunakanlah pembalut spesial untuk ibu yang baru melahirkan serta ubah sekerap mungkin.
Janganlah memakai bedak atau losion pada luka.
Janganlah menggosok atau menggaruk luka dan janganlah berenang atau berendam karena bisa perlambat pengobatan serta beresiko buka luka.
Pakai bantal pemanas atau heating pad untuk memudahkan ketidaknyamanan di ruang sayatan.
Memenuhi Waktu Istirahatmu

Istirahatlah setiap kali bayimu beristirahat juga, termasuk juga di siang hari. Selain itu saat malam hari, usahakan untuk tidur saat 7-8 jam jika sangat mungkin. Tidur berguna terpenting buat badan untuk mensupport perkembangan jaringan dalam menolong proses pengobatan luka. Janganlah lupa untuk banyak minum air putih serta konsumsi makanan kaya serat untuk menahan konstipasi.

Tidak hanya cukuplah tidur, kamu juga disarankan tidak untuk melakukan aktivitas yang mengakibatkan desakan pada perut bertambah, seperti naik serta turun tangga berkali-kali. Oleh karenanya, sediakan semua keperluanmu serta bayimu seperti makanan, minuman, serta popok dekat denganmu supaya gampang dijangkau. Janganlah sangsi untuk memohon pertolongan beberapa orang di sekitarmu untuk mengawasi bayimu atau menukar popok supaya kamu dapat berbaring istirahat saat beberapa waktu. Meskipun sesaat, akan tetapi hal tersebut berguna dalam mengawasi tubuhmu masih fit.

Mengetahui Apakah Saja Pertanda Bahaya

Infeksi luka adalah perihal yang bisa jadi berlangsung, meskipun dokter sudah memberimu antibiotik saat operasi. Jika kamu terasa tidak enak tubuh saat satu minggu atau bahkan juga lebih lama sesudah operasi, karena itu kamu mungkin alami infeksi serta dianjurkan untuk selekasnya menghubungi dokter. Berikut beberapa pertanda infeksi:

Demam
Luka jadi abuh, kemerahan, serta berasa hangat
Penambahan perasaan ngilu di ruang sayatan
Ada nanah
Berlangsung pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau selangkangan
Perut berasa penuh atau keras
Buang air kecil berasa ngilu, perih, atau bahkan juga susah untuk berkemih
Perdarahan berat
Keluar cairan bau tidak enak.
Tidak hanya infeksi, selekasnya hubungi dokter jika luka yang awal mulanya tertutup jadi terbuka atau terpisah. Tanyakan dengan dokter juga jika payudara berasa sakit serta kamu alami beberapa gejala mirip flu. Kamu memerlukan pertolongan medis secepat-cepatnya jika tunjukkan beberapa gejala serius, seperti sakit perut kronis, batuk darah, sesak napas, atau tidak sadarkan diri.

Janganlah lupa untuk minum obat pereda ngilu sesuai dengan saran dokter. Tak perlu cemas karena obat-obatan yang diresepkan dokter umumnya aman buat ibu-ibu yang tengah menyusui. Diluar itu, lebih baik janganlah membanding-bandingkan pengalaman operasi caesar yang ditempuh dengan orang yang lain karena setiap wanita mempunyai pengalaman yang berlainan. Semestinya fokuskan perhatian pada pemulihan diri pribadi.