Kista Ovarium

Kista ovarium ialah kantong berisi cairan yang tercipta didalam ovarium. Setiap wanita mempunyai dua indung telur (ovarium), satu dibagian kanan serta satu lagi di kiri rahim. Ovarium yang memiliki ukuran sebesar biji kenari ini adalah sisi dari skema reproduksi wanita.

Kista Ovarium

Organ ini berperan untuk membuahkan sel telur setiap bulan (dari mulai waktu pubertas sampai menopause) dan menghasilkan hormon estrogen serta progesteron. Manfaat ovarium kadang bisa alami masalah serta kista termasuk juga type masalah yang seringkali berlangsung.

Kista ovarium dibagi ke dua type utama, diantaranya ialah kista fungsional. Kista fungsional muncul menjadi sisi dari siklus menstruasi. Kista yang termasuk umum berlangsung ini tidak beresiko serta bisa hilang dengan sendirinya.

Type kista yang ke-2 ialah kista patologis. Berlainan dengan kista fungsional, kista patologis memiliki kandungan sel abnormal. Pada sejumlah kecil kasusnya, sel abnormal itu berbentuk kanker.

Tanda-tanda Kista Ovarium
Cukuplah beberapa wanita yang sempat mempunyai kista ovarium. Akan tetapi, kista biasanya tidak mengakibatkan tanda-tanda serta bisa hilang sendiri dalam beberapa waktu. Meski begitu, kista yang memiliki ukuran besar atau pecah beresiko menyebabkan tanda-tanda serius hingga butuh diakukan lewat operasi.

Beberapa gejala kista ovarium yang butuh dicermati diantaranya perdarahan yang semakin banyak dibanding umumnya saat menstruasi, siklus menstruasi tidak teratur, susah hamil, perasaan ngilu pada tulang panggul, ngilu waktu berhubungan seks, dan kesusahan buang air besar atau buang air kecil.

Bila kista ovarium mengakibatkan tanda-tanda, Anda peluang akan dirujuk ke dokter spesialis ginekologi untuk melakukan kontrol selanjutnya (contohnya kontrol organ intim, USG, atau tes darah) untuk pastikan diagnosis.

Langkah Penyembuhan untuk Menangani Kista
Kista biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa waktu. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan kontrol USG. Tersebut faktor-faktor yang memastikan butuh atau tidaknya pengangkatan kista:

Ada ataukah tidak ada tanda-tanda. Seputar empat % masalah kista akan mengakibatkan tanda-tanda. Bila tanda-tanda berlangsung, operasi pengangkatan akan disarankan.

Ukuran serta kandungan kista. Kista yang memiliki ukuran besar serta yang diprediksikan memiliki kandungan sel abnormal butuh diangkat lewat operasi.

Kista berlangsung dalam waktu menopause. Wanita yang sudah alami menopause mempunyai resiko tambah tinggi untuk menanggung derita kanker ovarium yang berkembang dari kista.
Pasien kista yang sudah alami menopause disarankan untuk melakukan tes darah serta USG dengan teratur untuk pastikan hilangnya kista kurun waktu dekat. Bila tidak, kista butuh diangkat lewat operasi karena punya potensi berkembang jadi kanker ovarium.

Efek Kista pada Kesuburan
Kista seringkali dinilai bisa mengganggu kesuburan seseorang wanita. Asumsi ini tidak seutuhnya benar karena biasanya kista bisa diangkat dengan gampang tiada mengganggu ovarium. Tetapi untuk type kista ovarium yang kompleks, perlakuan lewat operasi bisa merubah tingkat kesuburan penderitanya.