Kapan Wanita Perlu Minum Obat Penyubur Kandungan?

Ada beberapa jenis obat penyubur kandungan buat wanita. Biasanya, obat ini bekerja lewat cara merangsang indung telur (ovarium) untuk membuahkan beberapa sel telur, hingga buka peluang Anda semakin besar untuk hamil.

Kapan Wanita Perlu Minum Obat Penyubur Kandungan?

Tiap-tiap obat penyubur kandungan lakukan kerjanya lewat cara yang berlainan. Cara-cara yang dikerjakan oleh obat penyubur kandungan untuk menolong Anda hamil ialah:

Obat penyubur kandungan menolong memberi dorongan penambahan untuk perubahan folikel, hingga menolong badan Anda lakukan ovulasi. Misalnya ialah yang dikerjakan oleh obat clomid (clomiphene citrate) berbentuk pil. Pil ini bekerja lewat cara menghalangi reseptor hormon estrogen pada otak, hingga badan akan tingkatkan produksi hormon FSH. Setelah itu, FSH akan merangsang folikel untuk tumbuh serta berkembang. Folikel ini memiliki kandungan sel telur yang lalu akan dilepaskan oleh indung telur.

Bila langkah pertama gagal, langkah ke-2 bisa Anda kerjakan dengan menyuntikkan gonadotropin. Gonadotropin ini bekerja lewat cara merangsang indung telur Anda dengan cara langsung untuk menghasilkan sel telur.
Obat penyubur kandungan juga bekerja untuk menolong tingkatkan serta menyamakan kandungan hormon Anda, hingga juga sangat mungkin implantasi embrio (penempelan sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma ke dinding rahim) serta kehamilan berjalan dengan baik, tiada permasalahan.
Obat penyubur kandungan begitu dibutuhkan oleh pasangan yang tengah dalam proses bayi tabung untuk menolong keberhasilannya. Obat penyubur kandungan ini berperan untuk menyiapkan susunan rahim untuk kehamilan serta untuk menahan indung telur melepas sel telur lebih awal.

Siapapun yang membutuhkan obat penyubur kandungan?
Obat penyubur kandungan umumnya dibutuhkan oleh wanita yang alami keadaan kesehatan seperti berikut:

Permasalahan ovulasi
Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Permasalahan tiroid
Masalah makan
Permasalahan berat tubuh, baik yang alami keunggulan berat tubuh atau kekurangan berat badan
Keunggulan hormon prolaktin atau yang memiliki permasalahan dengan kandungan hormon LH serta FSH-nya
Beberapa wanita mungkin butuh memadukan obat penyubur kandungan type clomiphene dengan metformin. Metformin biasa dipakai untuk penyembuhan diabetes mellitus type 2, berperan untuk menolong kurangi kandungan insulin dalam darah. Gabungan ke-2 obat ini mungkin bermanfaat buat wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Hal seperti ini karena pada beberapa wanita dengan PCOS, metformin dapat dibuktikan bisa menyebabkan ovulasi.

Apa ada resiko dari obat penyubur kandungan?
Obat penyubur kandungan telah dipakai lama serta dapat dibuktikan sukses dalam menolong beberapa pasangan untuk hamil serta memiliki anak. Akan tetapi, obat ini bisa tingkatkan peluang Anda alami kehamilan kembar.

Seperti yang sudah kita kenali, kehamilan kembar memberikan resiko yang semakin besar dibanding dengan kehamilan tunggal. Makin banyak bayi dalam kandungan ibu, makin besar juga resiko komplikasi kehamilan, bahkan juga keguguran serta kelahiran prematur.

Seputar 10% wanita yang konsumsi obat penyubur kandungan clomiphene memiliki kehamilan kembar, serta seputar 30% wanita yang memperoleh gonadotropin mempunyai kehamilan kembar.

Diluar itu, obat penyubur kandungan juga mungkin membuat Anda alami mood swing atau resikonya yang lain. Semestinya tanyakanlah pada dokter Anda berapakah dosis yang semestinya Anda mengkonsumsi.

Tiap-tiap wanita mungkin tunjukkan tanggapan yang berlainan untuk tiap-tiap obat penyubur kandungan yang dikonsumsinya. Menjadi, semestinya Anda konsumsi obat penyubur kandungan itu dengan pantauan dokter. Vaginal ultrasound scan bisa dikerjakan untuk tahu perubahan dari folikel saat stimulasi indung telur.