Cara Menghilangkan Luka Bopeng Bekas Jerawat

Bopeng ialah sisa luka yang pada dalam kulit, umumnya sisa luka ini tidak hilang dengan sendirinya. Sisa luka ini tampak berupa cekung, seperti lubang atau lekukan kulit. Ini berlangsung karena saat susunan kulit yang dalam alami rusaknya. Nah, beberapa orang yang coba semua langkah menghilangkan bopeng sisa jerawat. Memangnya apa pilihannya serta seperti apakah semasing prosedurnya? 

Cara Menghilangkan Luka Bopeng Bekas Jerawat

Langkah menghilangkan bopeng sisa jerawat

1. Chemical peeling
facial peeling muka aman untuk tidak kulit

Beberapa orang dengan sisa jerawat ini pilih lakukan peeling atau pengelupasan kulit untuk kurangi jaringan parut. Saat chemical peeling, susunan asam akan diaplikasikan di wajah.

Perawatan ini menghilangkan susunan luar kulit serta menolong beberapa sel baru untuk beregenerasi. Dikutip dari situs Healthline, perawatan peeling sebetulnya tidak betul-betul meniadakan bopeng di kulit muka. Peeling lebih diperuntukkan untuk bikin pengelupasan kulit pada sisa luka yang tidak dalam. Peeling muka ini dapat dikerjakan memakai cairan spesial muka yang memiliki kandungan:

Asam glikolat
Asam piruvat
Asam salisilat
Asam trikloroasetat (TCA)
Resikonya yang sangat umum berlangsung ialah kulit menjadi kemerahan serta iritasi sesudah pengelupasan.

2. Cream muka untuk menghilangkan bopeng

Cream yang dapat dibeli bebas di apotek untuk pengobatan sisa luka seringkali menjadi langkah menghilangkan bopeng sisa jerawat step pertama. Pada intinya, cream ini bekerja dengan melembapkan kulit serta kurangi tanda-tanda seperti gatal atau kemerahan.

Namun, pemakaian cream ini akan menghabiskan waktu beberapa bulan bahkan juga bertahun-tahun kerjanya, bergantung formasi cream itu serta kecocokan dengan kulit. Pemakaian cream ini dapat mesti dikerjakan terus-terusan.

Beberapa masker ada juga yang memiliki kandungan bahan seperti dalam cream ini untuk merangsang perkembangan kulit baru serta menolong kurangi pertanda sisa luka. Akan tetapi, kemampuan obat dalam masker bisanya berkekuatan rendah, hingga dibutuhkan waktu yang lama untuk membuahkan hasil yang diharapkan.

3. Dermabrasi

Dermabrasi dapat membuat hasil kulit yang rata tiada pemakaian bahan kimia. Pada proses ini kawat kecil halus yang berputar-putar ditinggalkan pada kulit yang alami luka untuk mengikis susunan kulit. Dermabrasi akan menghilangkan susunan kulit yang bopeng baik sisi dermis (kulit terluar) serta susunan tengahnya (dermis).

Dermabrasi ini dikerjakan dengan bius lokal atau umum, bergantung ukuran bopeng yang memerlukan perawatan dermabrasi. Kemudian kulit dilewatkan untuk pulih.

Dengan dermabrasi ini akan menolong membuat penampilan yang lebih rata pada kulit, hingga seringkali dilirik menjadi langkah menghilangkan bopeng sisa jerawat.

Dermabrasi mesti dikerjakan oleh dokter yang pakar di bidangnya, karena sebetulnya langkah dermabrasi yang kurang pas akan tingkatkan resiko membuat sisa luka baru yang jadi membesar atau mengakibatkan infeksi kulit.

4. Mikrodermabrasi

Perawatan mikrodermabrasi ini mempunyai tujuan untuk kurangi bopeng dengan menghilangkan susunan kulit terluar.

Alih-alih memakai karakter kimia atau kawat untuk proses ini, perawatan kulit ini akan memakai bahan abrasif, seperti kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok susunan kulit. Proses ini pas untuk sisi sisa jerawat bopeng yang permukaannya tidaklah terlalu luas.

Mikrodermabrasi umumnya tidak mengakibatkan resikonya, tapi condong tampak efeknya jika telah dikerjakan dengan teratur.

5. Dermal filler

Dokter dapat juga mereferensikan derma filler menjadi langkah menghilangkan bopeng sisa jerawat. Derma filler ialah penyuntikan muka untuk mengusung luka bopeng supaya ketinggiannya rata dengan kulit sebetulnya. Dapat disebut ini ialah cara pengisian kulit untuk menambal sisi yang bopeng.

Ada beberapa produk di market menjadi obat dalam penyuntikkan ini, termasuk juga asam hialuronat serta kalsium hidroksilapit. Pengawas obat serta makanan di Amerika Serikat, FDA, cuma menyepakati bellafil menjadi perawatan derma filler untuk sisa jerawat.

Dari hasil derma filler ini berbentuk sesaat, tapi umumnya berjalan dari beberapa waktu sampai beberapa waktu, bergantung produk yang dipakai. Bellafil umumnya laku dampaknya dapat sampai 5 tahun.

Walau akhirnya tampak mengundang selera, cara ini dapat mempunyai beberapa resiko seperti terjadinya iritasi kulit, infeksi, atau muncul reaksi alergi.