6 Hal yang Wajib Anda Ketahui di Minggu Pertama Menyusui

Menyusui memang perihal yang alami. Akan tetapi, calon ibu serta bapak masih butuh membekali diri dengan beberapa informasi basic tentang ASI serta menyusui. Apa beberapa hal yang butuh Anda kenali tentang ASI serta menyusui, terutamanya pada minggu awal Anda mulai memberi ASI? 

6 Hal yang Wajib Anda Ketahui di Minggu Pertama Menyusui

Apa perihal yang perlu di ketahui waktu minggu pertama menyusui?

1. Inisiasi menyusu dini
IMD ialah satu langkah terpenting untuk memulai waktu menyusui yang menyenangkan. Hasil riset tunjukkan jika ibu serta bayi yang dikasih peluang IMD saat minimum 1 jam selekasnya sesudah lahir, 8 kali lipat semakin besar kemungkinannya untuk ASI eksklusif 6 bulan.

Proses IMD yang selesai tidak hanya begitu terpenting buat kesehatan bayi serta ibu, juga menolong bayi serta ibu lebih tenang, percepat pengaliran ASI, serta menolong bayi cepat ‘mahir’ menyusu. Yakinkan Anda temukan sarana kesehatan serta tenaga kesehatan yang memahami benar tentang tata laksana IMD.

2. Rawat gabung
Prinsip utama IMD yakni mendekatkan bayi pada ibu serta memaksimalkan kontak kulit ibu serta bayi. Tidak ada argumen untuk memisahkan bayi serta ibu yang sehat sesudah persalinan, bahkan juga pada persalinan dengan aksi operasi sekali juga.

Tahukah Anda jika bayi telah tunjukkan sinyal haus atau lapar jauh sebelum ia menangis? Misalnya, tarikan napasnya beralih atau ia meregangkan badan. Ibu yang tidur bersama dengan bayi biasanya akan selekasnya terbangun, ASInya akan mulai mengalir serta bayi yang masih tetap cukuplah tenang akan dengan gampang menempel pada payudara.

3. Belajar menyusui
Pada hari pertama kelahiran bayi, ibu serta bayi akan sama-sama belajar kenal melalui proses menyusui. Perihal pertama yang perlu dilihat, bahkan juga dikatakan sebagai kunci sukses menyusui oleh ahli laktasi asal Kanada, Jack Newman ialah pelekatan mulut bayi dengan payudara.

Pelekatan yang tidak prima dapat berbuntut pada beberapa permasalahan, dari mulai puting lecet, payudara abuh, bayi seringkali kolik (menangis terlalu berlebih), sampai minimnya berat tubuh bayi. Menjadi, kalau berlangsung pelekatan yang tidak prima, yang butuh dikerjakan ialah tetap menyusui sesuai dengan kemauannya.

4. ASI telah keluar atau belum
Tiap-tiap calon ibu butuh tahu jika kolostrum telah di produksi semenjak trimester ke-2 kehamilan serta akan siap diminum bayi demikian plasenta lepas dari rahim waktu proses persalinan. Kolostrum akan diminum bayi waktu IMD serta itu ialah hanya satu yang diperlukan bayi baru lahir.

5. Baby blues syndrome
Seputar 80% ibu alami baby blues dari mulai hari-hari pertama kelahiran bayi. Baby blues biasanya cuma berjalan saat beberapa waktu, tetapi juga dapat bertahan sampai dua minggu.

Baby blues bisa memengaruhi proses menyusui. Ibu yang terasa susah, tertekan serta kecapekan terlalu berlebih akan kesusahan nikmati menyusui bayinya, bahkan juga dapat memengaruhi produksi ASI.

Untuk menahan atau menanggulangi baby blues, ibu mesti mendapatkan nutrisi, istirahat serta support yang cukuplah. Semestinya tetapkan prioritas pekerjaan keseharian. Tentukan standard yang rendah pada pekerjaan lainnya tidak hanya menyusui.

6. Puting sakit atau lecet serta payudara bengkak
Puting lecet atau sakit, serta payudara abuh, seringkali jadi aduan utama ibu baru. Sakit pada puting biasanya dikarenakan kurang sempurnanya pelekatan mulut bayi ke payudara. Yang seringkali berlangsung ialah, areola kurang masuk ke mulut bayi hingga bayi cuma menyedot puting, serta puting jadi lecet. Semestinya selekasnya perbaiki tehnik pelekatan.

Engorgement ialah pembengkakan payudara yang dikarenakan oleh meregangnya pembuluh darah serta ada desakan air susu yang baru di produksi. Pembengkakan umumnya berlangsung waktu kolostrum mulai menjadi ASI masak. Akan tetapi, pembengkakan juga dapat berlangsung bila ibu melupakan beberapa session menyusui atau kurang keluarkan ASI dari payudara.

Pembengkakan umumnya sembuh dalam 1 atau 2 hari tiada perlakuan apa pun. Memijat payudara dengan pergerakan ke bawah tidak dianjurkan untuk payudara yang abuh. Bayi yang masih disusui dengan keadaan payudara abuh serta keras sering jadi rewel karena kesusahan memperoleh ASI.

Mengompres hangat saat beberapa waktu sebelum menyusui bisa menolong payudara jadi lebih lunak serta ASI mengalir lebih baik. Kerjakan pemijatan (cara reverse pressure softening) pada payudara sebelum menyusui untuk kurangi pembengkakan. Memerah ASI dari payudara yang abuh semestinya dikerjakan dengan tangan.